4 Hal Yang Harus Diingat Saat Ke Dokter

originals.id – Dokter mana pun pasti akan senang jika (orangtua) pasien memiliki bekal ilmu kesehatan yang cukup, sehingga ia bisa terhindar dari “tekanan“ meresepkan obat yang tak perlu.

Tanyakan, apa diagnosis penyakit anak saya Diagnosis pada anak adalah hal terpenting yang harus diketahui orangtua. Pengobatan atau penanganan penyakit anak ditentukan oleh diagnosisnya. Diagnosis harus disebutkan dalam bahasa medis oleh dokter, lalu dokter menjelaskan apa maksudnya. Umpama: tuberkulosis, bukan vlek paru; strep throat atau infeksi streptokokus di tenggorokan, bukan radang tenggorokan; diare akut, bukan muntaber; dan selesma atau in?uenza, bukan batuk-pilek.

Kapan harus membawa anak ke dokter lagi (kondisi kegawatdaruratan apa yang bisa terjadi pada anak saya?) Dalam perjalanannya, penyakit bisa saja mengalami perburukan kondisi. Nah, orangtua harus tahu kapan anak perlu segera dibawa ke dokter lagi.

Tentang obat dan penanganan yang harus dilakukan? Tidak semua penyakit harus diberikan obat. Edukasi terhadap orangtua mengenai penanganan yang bisa dilakukan di rumah adalah bentuk terapi juga. Bila obat harus diberikan, maka orangtua harus mendapatkan penjelasan obatobatan apa saja yang diberikan dan cara penggunaannya, juga efek samping yang mungkin terjadi.

Sepulang dari dokter Di rumah, pelajari lagi diagnosis penyakit anak dari sumber-sumber yang bisa dipercaya. Sebab, bisa jadi masih ada informasi yang belum diberikan dokter kepada kita, karena terbatasnya waktu konsultasi. Untuk itu, alangkah baiknya sebelum berkunjung ke dokter, cari dulu informasi mengenai penyakit anak dan gejalanya sebagai bahan pertanyaan dan diskusi saat berkonsultasi. Jangan lupa, pelajari juga obatobatan yang dokter berikan. Informasi tentang obat bisa didapatkan di situs internet.

Rumah Sakit = Sarang Penyakit

Jika RUM sudah membudaya, apakah RS dan dokter akan sepi pasien? Pemikiran seperti ini tidak tepat. Justru RS harus digunakan sebagaimana mestinya. Di negara-negara maju yang sistem rujukannya berjalan baik dan tenaga kesehatan serta orangtua paham kapan membawa anaknya ke dokter, RS berfungsi menangani kasus-kasus penyakit yang membutuhkan penatalaksanaan di RS. Ketahuilah, RS adalah tempat berkumpulnya orang-orang sakit, sehingga sangat potensial berisi kuman-kuman penyebab penyakit berbahaya. Kunjungan ke RS yang tidak tepat berisiko memaparkan virus dan bakteri kepada orang sehat yang seharusnya tidak mendapatkannya.

Tags: