8 Hal Mengenai Bayi Baru Lahir untuk Orang Tua

Merawat bayi baru lahir adakalanya jadi suatu tantangan tersendiri bagi para ayah dan ibu muda yang baru mempunyai si kecil. Bayi baru lahir mempunyai keunikan tersendiri supaya dibutuhkan perhatian khusus dalam merawatnya. Berikut 7 hal yang seharusnya dikenal dikala memelihara bayi baru lahir. Untuk hasil yang lebih maksimal maka kamu bisa menggunakan perawat bayi professional dari salah satu start up indonesia.

Seluk-beluk memelihara bayi baru lahir

1. Bayi baru lahir seharusnya menyusu setiap 1-2 jam

Bayi mempunyai ukuran lambung yang kecil. Karenanya untuk menjaganya tak hingga kelaparan, Anda kudu berikan susu dalam kuantitas yang sedikit tetapi kerap.

Umumnya bayi bakal menyusu setiap 1-2 jam dalam sebagian hari pertamanya. Dikala bayi lapar, dia bakal memberikan sebagian petunjuk seperti menangis bersama dengan kuat, mengisap tangannya, atau mengecap-ngecap seperti mencari puting.

Bagaimana bila bayi Anda tidur terus? Bayi sesungguhnya mempunyai pas tidur yang lumayan panjang. Tapi sekiranya bayi Anda tertidur terus, Anda kudu membangunkannya dan konsisten berikan dia susu. Usahakan jangan hingga bayi tertidur saat menyusu.

2. Bayi baru lahir kerap gumoh

Sesudah bayi menyusu, dia bakal mengeluarkan lagi susu hal yang demikian dari mulutnya. Kebanyakan orang menyebutnya bersama dengan arti gumoh.

Gumoh atau arti medisnya refluks gastroesofageal berlangsung sebab katup pemisah pada esofagus dan lambung bayi belum berfungsi total. Kecuali itu, ukuran lambung bayi yang kecil terhitung bisa jadi tidak benar satu penyebab gumoh.

Untuk mencegah gumoh, posisikan bayi Anda tegak selama 30 menit sesudah dia selesai menyusu dan biarkan bayi Anda bersendawa.

3. Bayi baru lahir tidur selama 16-18 jam per hari

Durasi tidur bayi sesungguhnya lumayan panjang. Bayi dapat tidur sekitar 1-2 jam dalam sekali pas tidur. Kalau dijumlahkan dalam satu hari dia bisa tertidur selama 16 sampai 18 jam. Dikala menempuh umur 6 bulan, beberapa besar bayi tidur selama 6 jam pada malam hari.

Pada malam hari, usahakan supaya bayi tak terbangun. Sistem yang bisa dicoba adalah bersama dengan membolehkan bayi mengerjakan banyak kegiatan saat siang hari supaya dia konsisten terjaga dalam pas yang lama dan bisa tidur lebih lama saat malam hari.

4. Bayi baru lahir butuh kehangatan

Usahakan supaya bayi tak kedinginan atau kepanasan. Bayi belum bisa mengendalikan temperatur tubuhnya bersama dengan tepat sasaran seperti si kecil atau orang dewasa. Salah satu penyebabnya merupakan sebab tubuh bayi masih amat sedikit mengandung lemak, yang bisa berfungsi memelihara supaya tubuh konsisten hangat.

Acap yang bisa dikerjakan untuk memelihara supaya bayi konsisten hangat adalah bersama dengan memakaikan baju hangat, topi, dan membedong bayi. Periksa temperatur tubuh bayi Anda.

5. Bayi baru lahir miliki kulit yang peka

Jaga kebersihan bayi Anda sebab kulit bayi baru lahir amat peka. Salah satu situasi sulit yang kerap muncul pada bayi adalah ruam popok. Usahakan pantat bayi Anda konsisten bersih dan kering. Pakai-seringlah pindah popok untuk mencegah timbulnya ruam. Tidak air hangat dan kapas halus saat membersihkan pantatnya lantas keringkan bersama dengan handuk yang lembut.

Selain dianjurkan membersihkan kulit bayi bersama dengan memakai tisu berair yang mengandung alkohol. Alkohol bersifat mengeringkan yang bisa memicu iritasi kulit. Kecuali itu, jangan memakaikan popok pada bayi terlalu cepat sebab bisa membikin kulitnya jadi lecet.

6. Bayi baru lahir kerap BAB sesudah menyusu

Ada bayi yang senantiasa membuang air besar sesudah menyusu, ada terhitung bayi yang membuang air besar cuma dua kali per pekan. Akan melainkan pada bayi baru lahir, lazimnya dia bakal kerap membuang air besar sesudah dia menyusu (sekitar 6 hingga 10 kali per hari). Dikala umur 3 hingga 6 pekan, frekuensinya bakal kian menurun.

Acap yang kudu dipandang saat bayi membuang air besar adalah kedisiplinan kotorannya. Dikala bayi baru lahir, kotoran bayi bakal berwarna hitam kehijauan dan lengket yang disebut bersama dengan mekonium. Seiring berjalannya waktu, dikala dia berusia 2 sampai 4 hari, warna kotorannya bakal kian muda dan tak lengket.

Perlu diingat, walaupun kotoran bayi sesungguhnya lembek, Anda seharusnya konsisten waspada jikalau bayi Anda mengalami diare. Kalau bayi diare, kotorannya bakal jadi lebih cair, warnanya bisa beralih jadi kuning, hijau atau cokelat, jumlahnya bahkan jauh lebih banyak dari yang lazimnya. Kalau Anda menemui petunjuk-petunjuk seperti itu pada si kecil, bawalah ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Selain itu pastikan memberikan imunisasi lengkap di rumah biar hasil lebih maksimal lagi. Tentu imunisasi lengkap akan meningkatkan kesehatan anak.

7. Bayi baru lahir seharusnya dirawat tali pusatnya

Dikala Anda mempunyai bayi, lazimnya tali pusatnya masih nampak saat dia baru lahir. Jaga tali sentra dan kulit di sekitarnya supaya konsisten bersih dan kering. Kalau tali sentra bayi Anda beralih jadi kemerahan dan beraroma, langsung bawa bayi Anda ke dokter sebab bisa saja dia mengalami infeksi pada tali pusatnya.