Gebyok Memiliki Lebih Banyak Makna Spiritual Daripada Hanya Penyangga Rumah

Gebyok Memiliki Lebih Banyak Makna Spiritual Daripada Hanya Penyangga Rumah – Gebyok adalah salah satu furnitur khas Jepara, dalam bentuk partisi ruang pada arsitektur khas Jepara yang umumnya terbuat dari kayu jati. Biasanya digunakan untuk membagi antara ruang, seperti ruang tamu atau ruang keluarga dengan kamar di rumah tradisional, termasuk Rumah Adat Suci.

Di masa lalu, Kudus gebyok melambangkan tingkat ekonomi yang tinggi untuk pemiliknya. Seperti bagian dari rumah adat Kudus yang terdiri dari gebyok. Mebel kayu yang penuh ukiran memiliki makna spiritual yang lebih dari sekadar rumah.

Gebyok jati dapat dipasang, sebagai pemanis paviliun di satu sisi untuk pergi ke rumah tradisional. Ada gebyok yang tidak diukir atau polutan, memiliki ukiran dengan berbagai desain dan ornamen.

Detail ukiran gebyok bagus, halus, memiliki tingkat kesulitan tinggi dan tiga dimensi. Kualitas kayu yang digunakan dari bahan baku jati gebyok, spesies kayu tua dipilih. Jadi, itu lebih kuat dan lebih tahan lama dan tahan cuaca untuk menjadi dekorasi menawan yang indah.

Selain unik, gebyok sebagai partisi Jawa memiliki nilai estetika, nilai artistik yang tinggi tidak akan ditemukan di tempat atau wilayah lain kecuali di Jawa, seperti di wilayah Suci. Pada dasarnya, gebyok berfungsi sebagai sekat antar ruangan, bisa juga digunakan untuk pintu masuk di dalam rumah, ada juga pajangan di gerbang masuk.

Selain mengandung nilai-nilai etika, gebyok memberikan pesan spiritualnya sendiri kepada penghuninya. Ukiran pada gebyok menceritakan tentang tujuan hidup manusia “Sangkan Paraning Dumadi” yang berarti harmoni, kemakmuran dan kedamaian.

“Keharmonisan desain pintu gebyok, menunjukkan pentingnya hubungan kehidupan dengan alam”.

Seiring dengan perkembangannya, lanjutnya, Gebyok Kudus kini semakin terkenal. Terlepas dari model dan desain yang memiliki keunikannya sendiri, motif ukiran juga beragam, termasuk daun, bunga, binatang, nanasan dan banyak lagi.

Terimakasih telah membaca artikel ini, anda juga dapat membaca artikel lainya tentang mimbar jati dan tentang desain interior lainya. Anda juga dapat berdiskusi dengan kami mengenai produk furniture.

Tags: