Jadwal TV – Bahaya Perilaku

Mudahnya respon otak terhadap tontonan dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian seseorang. Dalam arti, apa yang ditampilkan atau diinformasikan dalam si kotak ajaib akan sangat mudah ditiru dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Mending jika hal yang ditiru itu positif. Jika sebaliknya, celakalah kita. Terutama, anak-anak kita. Orangtua sebaiknya tidak mengenalkan keberadaan si kotak ajaib sebagai sahabat anak. Orangtua bertanggungjawab untuk melindungi anak dari agresifitas invasi yang dilakukan oelh si kotak ajaib. jadwal tv

Banyak contoh kasus tayangan si kotak ajaib yang bersifat negatif “menginspirasi” perilaku sebagian orang, anak-anak dan dewasa. Salah satu contoh kasus yang pernah terjadi di Indonesia adalah seorang anak meninggal gara-gara mempraktikkan adegan smack down. Kemudian, maraknya pelecehan seksual akibat melihat tontonan vulgar di kota ajaib itu.

Bahaya-bahaya itu harus bisa diminimalisir. Jangan sampai anak berkembang sesuai dengan apa yang dilihatnya dari tontonan di kotak ajaib. Selamatkan jiwa anak. Lakukan sesuatu yang membuatnya berpikir bahwa si kota ajaib bukanlah sahabat sejati. Si kotak ajaib boleh saja dijadikan teman tetapi bukan teman yang harus ditonton setiap hari. Dalam satu minggu, seharusnya tidak lebih dari 5 jam menonton acara di kotak ajaib. 5 jam seminggu bukan 5 jam sehari.

Tags: