Rancangan Rumah Modern Lantai 2 Sederhana dan Mudah

Rumah modern lantai 2 – Membangun rumah dua lantai merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk menambah ruang di dalam rumah tanpa menambah luas lahan. Cara ini umumnya diterapkan oleh masyarakat perkotaan yang tinggal di kompleks perumahan maupun area padat penduduk. Rumah minimalis telah menjadi arsitektur favorit bagi sebagian kalangan yang ingin memiliki hunian stylish namun memiliki lahan yang terbatas. Karenanya, rumah modern lantai 2 bisa menjadi pilihan karena bukan hanya nyaman dan fungsional, namun juga menarik dan membanggakan.

  1. Perencanaan tata letak ruangan

Rencana mutlak dibutuhkan untuk proses pembangunan rumah modern lantai 2. Anda bisa membuat gambaran kasar tentang fungsionalitas untuk tiap lantai. Umumnya lantai pertama dimanfaatkan sebagai area publik di mana seluruh penghuni dapat berkumpul dan melakukan aktivitas bersama. Sedangkan pada lantai dua merupakan sebuah area pribadi yang terdiri dari kamar tidur dan kamar mandi.

  1. Bentuk tangga ideal

Umumnya terdapat tiga jenis tangga yang lazim digunakan di rumah modern lantai 2, yaitu tegak, putar, dan zigzag. Bentuk tangga yang digunakan harus disesuaikan dengan gaya rumah sehingga bisa meningkatkan nilai estetika ruangan. Untuk rumah yang cenderung sempit, bentuk tangga disarankan berbentuk I atau tegak lurus. Pilihlah material ringan sehingga tidak butuh untuk memasang pondasi tangga. Dinding juga dapat dimanfaatkan untuk tumpuan kekuatan anak tangga, jika memang ingin membangun tangga tanpa pondasi.

  1. Penempatan area basah dan instalasi listrik rumah minimalis dua lantai

Hal lain yang tak kalah penting di rumah modern lantai 2 adalah penempatan area basah seperti wastafel, dan kamar mandi. Usahakan agar area basah pada lantai satu dan dua berada dalam posisi yang tegak lurus. Hal itu bisa memudahkan pemasangan pipa saluran air maupun saluran pembuangan, bahkan juga bisa mencegah terjadinya kebocoran pipa.

Dengan lahan yang terbatas namun anda membutuhkan tambahan ruang di rumah maka anda bisa merenovasinya menjadi rumah modern lantai 2. Dengan begitu anda tidak perlu bingung memikirkan lahan tambahan jika ingin menambah ruangan seperti kamar tidur. Tentunya hal tersebut bisa menjadi pilihan tepat bagi anda yang memiliki desain rumah minimalis. Meski begitu anda juga harus benar-benar membuat anggaran dana yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut.

sumber: hempasan.com

Tags: