WD My Cloud EX4 – Spesifikasi Tinggi Dengan Feature Cloud

WD My Cloud EX4 – Spesifikasi Tinggi Dengan Feature Cloud

Status Wa – Berbeda dengan NAS WD My Cloud yang dirancang untuk penggua rumahan, WD My Cloud EX4 dirancang untuk SOHO. Berbekal empat buah drive bay, NAS ini sanggup menyimpan data hingga 16 TB. Itu berarti, masing-masing drive bay dapat diisi hard disk berkapasitas 4 TB. Agar tidak terjadi lag saat menyajikan data, di dalamnya tertanam sebuah prosesor berkecepatan 2.0 GHz dan RAM sebesar 512 MB. Dengan spesifikasi tersebut, streaming file multimedia pun tetap lancar meski diakses oleh lebih dari satu pengguna. Untuk kebutuhan multimedia, WD My Cloud EX4 juga dilengkapi dengan sertifikasi DLNA 1.5 dan UPnP.

Teknorus – Dengan begitu, Anda dapat menikmati konten multimedia yang ada di NAS melalui smart TV, smartphone, media player, maupun konsol. Agar data aman terjaga, Anda dapat memanfaatkan software WD SmartWare Pro atau Apple Time Machine untuk pengguna Mac. Metode backup-nya beragam. Pada control panel WD My Cloud EX4 tersedia empat buah metode backup. Di antaranya ialah USB Backup, Remote Backup, Internal Backup, dan Cloud Backup. Untuk Cloud Backup, Anda dapat memilih ElephantDrive atau Amazon S3 sebagai penyedia jasa penyimpanan cloud. Proses instalasi NAS ini tergolong mudah. Bagian belakang WD My Cloud EX4 dilengkapi dengan lubang sirkulasi untuk menjaga suhu tetap aman.

Cukup hubungkan dengan router melalui jaringan ethernet. Setelah itu, NAS akan mendapatkan alamat IP secara otomatis. Untuk mengetahui alamat IP NAS, Anda dapat melihatnya melalui panel LCD yang berada pada sisi depan. Selain menampilkan alamat IP, panel LCD ini juga menampilkan informasi tentang hostname, versi firmware, temperatur, kecepatan kipas, status hard disk, dan kapasitas hard disk yang digunakan. Informasi ini bisa diganti melalui tombol di bagian depan. Jika kapasitas hard disk yang tersedia masih terasa kurang, pada sisi belakang tersedia dua buah slot USB 3.0. Dengan adanya slot tersebut, Anda dapat memasang media penyimpanan eksternal untuk menambah kapasitas penyimpanan data.

Tags: